Ramai Yang Tidak Tahu Cara Wudhu' Yang Sempurna. Baca Ini



Pengertian Wudhu sendiri ialah bersuci atau membasuh seluruh anggota badan tertentu dg air sebelum mengerjakan Solat (Solat Wajib mahupun Solat Sunah), Kemudian Menurut Hanafiyah Pengertian Wudhu yaitu Mensucikan diri menggunakan Air untuk 4 (empat) anggota tubuh kita iaitu Wajah, Kedua Tangan, Kepala dan kedua kaki dg sifat Khusus.

Mengapa Khusus karena dlm Berwudhu sendiri setidaknya ada 7 anggota badan kita yg harus di sucikan dg air yg antara lain membasuh atau mensucikan Mulut, Hidung, Muka, Tangan, Rambut, Kuping dan Kaki.

Berwudhu merupakan Syarat Sah Solat sehingga jika anda mengerjakan suatu Solat tetapi tidak Berwudhu terlebih dahulu maka Solat yg anda kerjakan akan sia – sia atau mubah atau tidak sah. Seperti Sabda Nabi Muhammad Saw seperti,

” Tidak diterima Sholatmu tanpa Bersuci atau Wudhu (HR. Muslim) dan ” Bersuci atau Berwudhu adalah sebagian dari iman (HR. Muslim).

Sedangkan untuk Keutamaan Berwudhu dan Manfaat Wudhu sendiri sudah banyak diterangkan didlm Sabda Nabi Muhammad Saw seperti ” Barang Siapa yg Berwudhu secara Sempurna, maka dosa – dosa’nya akan gugur atau hilang di jasad-nya hingga keluar jg dari bawah kuku-kuku’nya (HR. Muslim) dan ”’ Sungguh Umat’ku kelak akan datang pd hari kiamat dlm keadaan muka dan kedua tangan’nya kemilau bercahaya karena bekas Berwudhu ”’.
Melihat Sabda – Sabda Nabi Muhammad Saw diatas maka bisa dipastikan bahwa Penting Berwudhu dan Manfaat Berwudhu itu sangat banyak sehingga anda harus benar – benar memperhatikan Cara Mengerjakan Wudhu dg benaar. Beberapa Cara Berwudhu yg perlu di perhatikan oleh anda antara lain seperti Bacaan Niat Berwudhu, Tahapan Cara Berwudlu dan Doa Setelah Wudhu.

Bacaan Niat Wudhu di Ajaran Islam
Cara Wudhu yang harus pertama anda lakukan ialah Membaca Niat Wudhu karena membaca Niat Berwudhu merupakan Fardhu (Wajib) Wudhu sehingga sangat penting jika anda harus menghafalkan 

Bacaan Niat Wudhu ini.

bacaan niat wudhu di islam terlengkap

Terjemahan Niat Wudhu di atas, ” Aku Niat Berwudhu untuk menghilangkan hadas kecil kerana Allah ”.

Cara Berwudhu Yang Sempurna

Cara Mengerjakan Wudhu yang baik dan benar sudah kami buat di bawah ini yg dilengkapi pula dg gambar – gambar wudhu sehingga anda paham dan maksud akan Cara Wudhu yg benar ini.

1. Cara Mengerjakan Wudhu yang pertama ialah dg membaca Bismillah sambil mencuci kedua belah tangan sampai bersih.

cara mengerjakan wudlu pertama
2. Cara Wudhu yg kedua ialah membersihkan mulut atau berkumur sebanyak 3 kali, Sepertii gambar dibawah inni
cara mengerjakan berwudlu Berkumur kedua
3. Kemudian langkah yang ketiga setelah berkumur maka anda tinggal mencuci hidung sebanyak 3 kali pula.
cara mengerjakan berwudlu mencuci hidung ketiga
4. Cara Mengerjakan Wudhu ke empat ialah dg membasuh muka atau kepala dari rambut kepala sampai dagu dan dari telinga kanan ke telinga kiri sebanyak 3 kali pula.
cara mengerjakan berwudlu mencuci muka kempat
5. Membasuh kedua Tangan anda sampai siku sebanyak 3 kali.
cara mengerjakan berwudlu mencuci tangan kelima
6. Cara Mengerjakan Wudhu ke Enam setelah mencuci Kedua tangan ialah menyapu sebagian Rambut kepala anda sebanyak 3 kali
cara mengerjakan berwudlu mencuci rambut keenam
7. Cara Berwudhu selanjutnya setelah menyiramkan sebagian Rambut ialah menyapuu kedua Telinga anda baik Telinga kiri dan Telinga kanan sampai tiga kali.
cara mengerjakan berwudlu mencuci telinga ketujuh
8. Kemudian Cara Berwudhu yang terakhir ialah mencuci kedua kaki anda dari ujung kaki sampai mata kaki sampai tiga kali.
cara mengerjakan berwudlu mencuci kaki kedelapan
Membaca Doa Setelah Wudhu
Setelah menyelesaikan Wudhu seperti di gambar diatas maka disunahkan untuk anda semua untuk membaca Doa Setelah Wudhu, adapun bacaan doa tersebut bisa anda lihat dibawah ini
bacaan doa setelah wudhu Terpercaya
Setelah selesai semuanya maka anda langsung bergegas untuk mengerjakan Solat (Shalat Wajib atau Sunah) dan itulah penjelasan yg bisa kami berikan kepada anda terkait Cara Berwudhu yang benar dan semoga saja Solat dan Wudhu anda diterima oleh Allah Swt dan berkat dunia Akhirat.

Back To Top